Sabtu, 04 Mei 2013

John Wilder Tukey

Assalamualaiku Wr. Wb.

Pada kali ini saya akan menjelaskan mengenai seseorang Ilmuwan Matematika yang lahir pada Tanggal 16 Juni Tahun 1995 dan Wafat pada 26 Juli tahun 2000. Dibawah ini adalah Biograph nya John Wilder Tukey.




John Wilder Tukey
Lahir: 16 Juni 1915 di New Bedford, Massachusetts, USA
Meninggal: 26 Juli 2000 di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat

Orang tua John Tukey, Ralph H Tukey dan Adah M Tukey, diakui bahwa Yohanes memiliki potensi besar ketika ia masih anak-anak, sehingga mereka mengatur baginya untuk dididik di rumah daripada di sekolah. Hal ini dimungkinkan karena orang tuanya adalah guru-guru sekolah menengah yang dilatih di klasik. Bahkan itu adalah ibu Adah John yang melakukan sebagian besar pengajaran anaknya karena, sebagai wanita yang sudah menikah, dia dilarang bekerja sebagai guru penuh waktu di Massachusetts pada waktu itu. Itu adalah pendidikan yang sangat dipengaruhi Yohanes sepanjang hidupnya .

    Metode pendidikan mereka adalah untuk menanggapi permintaan John dengan memberikan petunjuk dan menanyakan pertanyaan lebih lanjut daripada memberikan jawaban langsung, karakteristik yang diwariskan John dan digunakan sepanjang karirnya.

John juga memiliki manfaat dari perpustakaan umum yang sangat baik di New Bedford yang dimiliki bahkan jurnal seperti Journal of American Chemical Society dan Transaksi matematika dari Amerika Serikat. Dia mampu karena itu untuk mengambil pendidikan ke tingkat tinggi sebelum masuk universitas. Pendidikan formal mulai hanya ketika dia masuk Brown University di Providence, Rhode Island, untuk belajar matematika dan kimia.

Setelah Brown University diberikan kepadanya gelar Sarjana di bidang kimia pada tahun 1936 dan gelar Master di bidang kimia pada tahun berikutnya, Tukey pergi ke Princeton University pada tahun 1937 bermaksud untuk belajar untuk doktor dalam kimia. Bahkan ia belajar kedua matematika dan kimia di tahun pertama tetapi kecewa untuk menemukan bahwa Princeton tidak memungkinkan dia untuk bertindak sebagai asisten laboratorium kimia seperti yang pernah dilakukan di Brown. Pada beberapa waktu selama tahun ini dia membuat kelancaran transisi dari kimia untuk matematika dan ikut ujian kualifikasi PhD dalam matematika pada tahun 1938. Penelitian Tukey diawasi oleh Lefschetz dan dia menerima gelar doktor pada tahun 1939 untuk Denumerability disertasi dalam topologi yang diterbitkan tahun 1940 sebagai Convergence dan keseragaman dalam topologi. Dia sudah punya tiga makalah yang diterbitkan sebelum doktor telah diberikan, dan setelah lulus, ia diangkat sebagai pengajar di Princeton.

Peristiwa eksternal adalah untuk memainkan peran utama dalam arah karir Tukey terutama sebagai akibat dari dia bergabung Control kantor Penelitian Api untuk memberikan kontribusi terhadap upaya perang. Judul ini dapat membingungkan pembaca modern untuk penelitian ini tidak berurusan dengan 'api' seperti dalam pembakaran, melainkan 'api' seperti dalam studi artileri. Pekerjaan di sini melibatkan statistik dan Tukey dengan cepat menemukan pekerjaan sangat banyak kepada keinginan .

    Masalah utama ada matematika, melibatkan balistik, senjata dan kontrol artileri, rentang menemukan, menghitung lead untuk pindah sasaran dan sebagainya. ... ada saran ia mungkin telah terlibat dalam memecahkan kode.

Ada statistik lain di Princeton, juga memberikan kontribusi terhadap upaya perang, di Wilks tertentu dan Cochran, dan Tukey segera mulai bertukar ide dengan orang-orang ini.

Ketika Perang Dunia II berakhir pada tahun 1945 Wilks, pada saat ini sangat menyadari bakat luar biasa statistik Tukey, dia ditawarkan sebuah pos statistik di dalam departemen matematika di Princeton. Namun satu posting tidak cukup untuk menyerap energi dan juga pada tahun 1945, Tukey bergabung dengan AT & T Bell Laboratories di mana rekan-rekannya termasuk Shewhart, Hamming dan Shannon. Dia juga menghabiskan sejumlah besar waktu di Washington pada pemerintah bisnis. Hanya workaholic seperti Tukey bisa bermain seperti peran utama dalam ketiga kegiatan tersebut.

Pada tahun 1950 Tukey menikah Elizabeth Louise Rapp yang, setelah pernikahan mereka, membuat karir sebagai penjual barang antik. Mereka tidak punya anak tapi Elizabeth adik Phyllis menikah dengan Frank Anscombe yang juga seorang ahli statistik yang terkadang berkolaborasi dengan Tukey. Phyllis dan Frank memiliki empat anak yang sering pengunjung ke rumah Tukey. Thompson menulis .

    John Tukey diantar dalam era baru statistik. Dia mempertanyakan asumsi Fisherian ketidakpastian teratur dan memberi kita wawasan ke dalam penyimpangan dari dunia nyata. Karya hidupnya sebagian besar terdiri dari menemukan cara untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Saat ia belajar, ia dengan senang hati mengajari kami cara menghadapi sebuah dunia di mana tidak ada hanya ketidakpastian, tetapi ketidakpastian tentang ketidakpastian. Sebagai pasangan akademik, John dan Elizabeth Tukey mencapai standar tertinggi untuk hikmat dan kebaikan.

Kontribusi besar pertama Tukey statistik adalah pengenalan teknik-teknik modern untuk perkiraan spektrum time series. EJ Hannan, meninjau makalah Tukey tentang topik ini menulis: -

    Mereka menunjukkan keseragaman sikap yang luar biasa ditandai dengan pengakuan realistis kompleksitas situasi, ketidakpercayaan konsekuen teori asimtotik, penggunaan teknik statistik standar menyediakan benchmark daripada (katakanlah) interval keyakinan yang tepat, pertanyaan terus-menerus asumsi, penekanan pada aspek komputasi, penekanan pada cara menyajikan analisis, presentasi ini dengan cara yang akrab bagi pengguna utama daripada cara-cara yang diterapkan dalam perawatan matematika, pengakuan awal kualitas unggul perangkat digital untuk tujuan umum (dibandingkan dengan perangkat analog) dan daya tarik mencolok dengan kata-kata baru dan frase, beberapa di antaranya telah menjadi mapan. Ada, tentu saja, juga pengenalan metode baru, beberapa di antaranya telah terbukti menjadi penting. Ini termasuk metode untuk memperkirakan spektrum, spektrum momen yang lebih tinggi, Demodulation kompleks, metode untuk menentukan besarnya dan tanda impuls awal diamati setelah transmisi melalui (lebih atau kurang) tetap sistem linear dan analisis Fourier dari logaritma dari perkiraan spektral untuk membedakan gema.



Pada inti nya John Wilder Tukey adalah seoarang Ilmuwan yang berkontributor mengenai Statistik dan Statiska. Karya yang di buat nya adalah mengenai Statistik yaitu mengenai data yang pada umum nya data itu sangat banyak dan rumit, dan data tersebut dikenal awal nya dengan BIT .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar