Sejarah Berdirinya PT. Indofood Makmur
Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Panganjaya
Intikusuma berdasarkan Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990 yang
diubah dengan Akta No.249 tanggal 15 November 1990 dan yang diubah kembali
dengan Akta No.171 tanggal 20 Juni 1991, semuanya dibuat dihadapan Benny
Kristanto, SH., Notaris di Jakarta dan telah mendapat persetujuan dari Menteri
Kehakiman Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan
No.C2-2915.HT.01.01Th.91 tanggal 12 Juli 1991, serta telah didaftarkan di
Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dibawah No.579, 580 dan 581 tanggal 5 Agustus
1991, dan diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No.12 tanggal 11
Februari 1992, Tambahan No.611. Perseroan mengubah namanya yang semula PT
Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur, berdasarkan keputusan
Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan dakam Akta Risalah
Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 yang dibuat oleh Benny Kristianto, SH.,
Notaris di Jakarta.
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah
satu perusahaan mie instant dan makanan olahan terkemuka di Indonesia yang
menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group.
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung
didirikan pada bulan Mei 1992 dengan nama PT Karya Pangan Inti Sejati yang
merupakan salah satu cabang dari PT Sanmaru Food Manufcturing Company Ltd. yang
berpusat di Jakarta dan mulai beroperasi pada bulan Oktober 1992. Pada saat itu
jumlah karyawan yang ada sebanyak 200 orang
Pada tahun 1994, terjadi penggabungan beberapa anak
perusahaan yang berada di lingkup Indofood Group, sehingga mengubah namanya
menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang khusus bergerak dalam bidang
pengolahan mie instan. Divisi mie instan merupakan divisi terbesar di Indofood
dan pabriknya tersebar di 15 kota, diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang,
Tangerang, Lampung, Pontianak, Manado, Semarang, Surabaya, Banjarmasin,
Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi, sedangkan cabang tanpa pabrik
yaitu Solo, Bali dan Kendari. Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan
cukup didistribusikan ke wilayah sekitar kota dimana pabrik berada, sehingga
produk dapat diterima oleh konsumen dalam keadaan segar serta membantu program
pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja lokal.
Tujuan Pendirian
Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur
Tbk. Bandung adalah (1) memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui
bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis; (2) mengurangi biaya
transportasi; (3) selalu meningkatkan kesejahteraan karyawan; (4) mensuplai
daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan (5) berperan serta
dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Visi dan misi yang ditunjukan oleh PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan
penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan perusahaan.
Visi
“Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu,
berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi
“Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang
industri makanan”.
Perkembangan Perusahaan
Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Panganjaya
Intikusuma berdasarkan Akta Pendirian No.228 tanggal 14 Agustus 1990.
berdasarkan keputusan Rapat Umum Luar Biasa Para Pemegang Saham yang dituangkan
dakam Akta Risalah Rapat No.51 tanggal 5 Februari 1994 Perseroan mengubah namanya
yang semula PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur. Pada
awalnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah perusahaan yang bergerak
dibidang pengolahan makanan dan minuman yang didirikan pada tahun 1971.
PT. Indofood Sukses Makmur terus mengalami
kemajuan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pesebaran distribusi produk
yang dipasarkan. Saat ini, PT. memliki 36 pabrik, lebih dari 10 merek
dengan 150 rasa dan tipe distributor yang melayani hampir 150.000 outlet.
PT. Indofood Sukses Makmur cabang Bandung merupakan
salah satu bagian dari noodle division, PT. Indofood Sukses Makmur
memiliki areal kantor dan pabrik seluas 61.640 m². Cabang Bandung daerah
cakupan pemasaran di kabupaten dan kota Bandung, Cimahi, Cikampek, Purwakarta,
Subang, Cirebon, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Cianjur, Indramayu, dan
Sumedang.
PT. Indofood Sukses Makmur TBK cabang Indofood Grup
yang bergerak dibidang mie instan merupakan pelopor dalam industri makanan
olahan di Indonesia. Saat ini perusahaan menjadi perusahaan pengolahan mie
terdepan dan memegang market leader pada masing-masing brand yang
dimilikinya.
Produk yang
Dihasilkan PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk
NO
|
PRODUK
|
JUMLAH VARIAN
RASA
|
1
|
Indomie
|
8
|
2
|
Indomie Special
|
2
|
3
|
Indomie Vegan
|
2
|
4
|
Indomie Regional Flavor
|
11
|
5
|
Indomie Kriuk
|
3
|
6
|
Indomie Jumbo
|
2
|
7
|
Indomie SQN
|
6
|
8
|
Indomie Paket
|
4
|
9
|
Supermie Reguler
|
4
|
10
|
Supermie Sedaaap
|
3
|
11
|
Supermie Go Series
|
3
|
12
|
Sarimi
|
6
|
13
|
Sarimi Extra Besar
|
6
|
14
|
Sakura
|
6
|
15
|
Intermi
|
1
|
16
|
POP Mie
|
15
|
17
|
Mie Telor
|
2
|
18
|
Anak Mas
|
2
|
19
|
POP Bihun Spesial
|
4
|
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. memiliki
orientasi pasar, dimana produksi yang dilakukan oleh perusahaan disesuaikan
dengan permintaan pasar. Perusahaan selalu berusaha memenuhi kebutuhan
konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh karena itu,
perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna memenuhi kepuasan pelanggan,
khususnya selera konsumen.
Produk yang dihasilkan PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk. divisi mi instan terdiri dari 2 kelompok besar yaitu :
- Bag Noodle, yaitu mie instan dalam kemasan bungkus; dan
- Mie telor, yaitu mi yang dalam proses pembuatannya tidak digoreng melainkan dikeringkan.
Pengemasan mie adalah proses penyatuan dan
pembungkusan mie, bumbu, minyak bumbu dan solid ingredient lainya dengan
menggunakan etiket sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Tujuan dari
proses pengemasan adalah untuk melindungi mie dari kemungkinan-kemungkinan
tercemar atau rusak sehingga mie tidak mengalami penurunan mutu ketika sampai
kepada konsumen. Setelah dikemas, selanjutnya mie tersebut akan dimasukkan ke
dalam karton. Setelah mie dimasukkan ke dalam karton seluruhnya, karton akan
direkatkan dan kemudian menuju gudang untuk disalurkan.
Kelebihan
Setiap tahunnya PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
harus mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi yang dikeluarkan untuk
promosi produk tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak yang menjadi
pemborosan perusahaan dan supaya tingkat penjualan tidak menurun. PT. Indofood
Sukses Makmur Tbk melakukan pendistribusian yang sesuai dengan target pasar,
produk yang dihasilkanpun harus memenuhi dengan minat konsumen.
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk terus mengadakan
riset terhadap pasar untuk menyaingi pesaing perusahaan lain. PT. Indofood
Sukses Makmur Tbk menambah unggulan-unggulan terhadap produk yang akan
dipasarkan, memperhatikan kualitas produk yang ingin dipasarkan, melihat
kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melakukan gebrakan yang menjadi daya
tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
Kekurangan
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk kurang meningkatkan
kewaspadaan kepada produksi mie lain yang gencar malakukan promosi yang sangat
agresif. Seharusnya, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus melakukan juga
promosi yang agresif dan luar biasa, dan membuat harga produknya dibawah dari
produk yang lainnya, ditambah keunggulan-keunggulan lain. Sehingga dapat
meningkatkan hasil produksi dengan baik.
Dan juga PT. Indofood Sukses Makmur Tbk harus
memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi mengenal kebutuhan dan keinginan
konsumen yang heterogen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan
keinginan konsumen. Itu semua dilakukan agar melancarkan kegiatan produksi agar
sesuai dengan target pasar yang diinginkan.
CV.ESKA DIGITAL PRINTING TAMBUN –
BEKASI
CV.
ESKA DIGITAL PRINTING berdiri sejak 26 Juni tahun 2010 di Jl. Sultan Hasanudin,
Tambun – Bekasi. CV ESKA DIGITAL PRINTING berusaha dibidang Percetakan. Jenis Produk yang dibuat
yaitu Spanduk , Leaflet , kartu nama ,
stiker , brosur ,undangan, Foto , Poster. CV ESKA DIGITAL PRINTING didirikan
oleh seseorang yang berasal dari depok yaitu Ibu Latifah. Lokasi yang sangat
strategis membuat Eska Digital Printing ini sangat terkenal di daerah Bekasi
dan mereka bangunan nya milik sendiri jadi tidak ada sewa menyewa, serta mereka
memiliki mesin Cetak yang cetakan nya sangat berkualitas.
Visi , Misi Perusahaan.
Visi
CV. ESKA DIGITAL PRINTING
menjadi perusahaan percetakan yang dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan
produk yang berkualitas dan senantiasa meningkatkan produktivitas demi kemajuan
perusahaan.
Misi
a. Kepuasan Pelanggan
b. Cetakan Berkualitas dan Tepat Waktu
c. Meningkatkan kemampuan karyawan
d. Mengikuti perkembangan teknologi.
Kepuasan
Pelanggan, bagi Kami, Pelanggan adalah Mitra Kerja dan kami
akan selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggan.
Cetakan
Berkualitas, adalah cetakan yang sesuai dengan
keinginan pelanggan dengan hasil yang berkualitas dan diinginkan Pelanggan .
Meningkatkan
Kemampuan Karyawan,
Karyawan adalah aset perusahaan dan perusahaan akan selalu meningkatkan
kemampuan karyawan sehingga karyawan tersebut dapat memberikan yang terbaik
bagi perusahaan terutama untuk diri pribadi karyawan tersebut.
Mengikuti
Perkembangan Teknologi, Perusahaan akan selalu
meningkatkan kemampuan perusahaan baik secara teknik percetakan maupun
manajemen perusahaan dengan cara mengikuti perkembangan teknologi terkini pada
bidang percetakan
KELEBIHAN :
- Mempunyai Mesin Cetak yang berkualitas untuk Cetakan nya
- Harga standar untuk percetakan dan tidak terlalu mahal
- Bermain Skala besar (Partai, Komunitas, Organisasi)
KEKURANGAN :
- Tidak bermain skala keci (Perorangan)
Sejarah PT Pos Indonesia (Persero)
Sejarah keberadaan PT Pos Indonesia (Persero) di Indonesia
begitu panjang, Kantorpos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh
Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan
tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka
yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari
dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban
peran dan fungsi pelayanan kepada publik.
Setelah Kantorpos Batavia didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantorpos Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan pos kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.
Perubahan Status Pos IndonesiaPos Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone). Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik. Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).
Pos Indonesia Masa KiniDengan berjalannya waktu, Pos
Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang
perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya
yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen
kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan
940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan
informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki
3.800 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota
besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid
& terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing
kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan
akurat.
Sebagai penyelenggara
pos milik negara, Pos Indonesia mengemban amanah UU untuk melakukan Penyehatan
Perusahaan, sesuai Undang-undang Nomor 38 Tahun 2009 pasal 51 Tentang Pos. Pada
Mei 2011 Pos Indonesia melakukan langkah riil menjalankan amanah UU tersebut
yaitu Kick off Program. Revitalisasi
tahun 2011 s.d 2015 dimana Pos Indonesia meluncurkan Visi, misi dan motto baru.
Visi Pos Indonesia adalah Menjadi pemimpin pasar di Indonesia dalam layanan
surat, paket dan logistik yang handal serta jasa keuangan yang terpercaya.
Sedangkan motto Pos Indonesia adalah Tepat Waktu Setiap Waktu.
VISI PT POS
INDONESIA
PT POS INDONESIA senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia
sarana komunikasi kelas dunia yang peduli terhadap lingkungan yang dikelola
oleh SDM yang profesional sehingga mampu memberikan layanan yang terbaik bagi
masyarakat serta tumbuh dan berkembang sesuai konsep bisnis yang sehat.
MISI PT POS
INDONESIA
1.PT POS INDONESIA penyedia sarana komunikasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah yang berguna untuk menunjang pembangunan Nasional serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.
2. PT POS INDONESIA mengembangkan usaha bertumpu pada
peningkatan mutu pelayanan melalui penarapan IPTEK tepat guna untuk mencapai
kepuasan pelanggan serta memberi nilai tambah yang optimal untuk karyawan ,
pemegang saham, masyarakat, dan mitra kerja.
TUJUAN PT
POS INDONESIA
PT POS INDONESIA mempunyai tujuan memastikan pengontrolan dapat dilakukan baik oleh pihak konsumen sendiri, pengontrolan ini memerlukan biaya investasi yang cukup besar dalam usaha memodernisasi dan tidak tergantung pada " HUMEN RESOURCES" yang terlalu besar. Namun Turnover yang akan diterima dipastikan akan lebih besar karena tujuan utama dari sistem ini untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dan pada akhirnya untuk membuat masyarakat Indonesioa loyal menggunakan PT POS INDONESIA.
KELEBIHAN POS INDONESIA
Pos Indonesia lebih terpercaya dibandingkan produk yang serupa yang memberikan layanan seperti yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia karena Pos Indonesia selalu menginginkan kepuasan yang dapat diterima oleh konsumennya yaitu agar masyarakat dapat puas menggunakan produknya.
Pos Indonesai sudah dapat diakses dalam bentuk online yaitu mulai tahun 2010 Pos Indonesia meluncurkan produk terbarunya yaitu dengan menciptakan produk online sehingga dimanapun kita berada bahkan tidak di batasi oleh waktu sehingga dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun kita berada.
Tarif yang diberikan oleh Pos Indonesia jauh lebih terrjangkau dibandingkan dengan produk serupa yang berjender produk luar negri seperti Fedex, DHL.
KEKURANGAN POS
INDONESIA
Pos Indonesia masih kurang
terkernal dibandingkan dengan jasa pengiriman yang memang sudah sering
dipergunakn oleh orang banyak, karena masyarakat hanya mengetahui bahwa Pos
Indonesia hanya dapat melayani jasa pengiriman surat saja.
Pos Indonesia baru pada tahun ini mengeluarkan jasa pelayanan online, karena produk jasa pengiriman yang lain telah sejak lama meluncurkan jasa online.
Diatas telah kita ketahui beberapa keunggulan dan kelemahan
Pos Indonesia sehingga kita dapat mengetahui kinerja Pos Indonesia.
Sumber :
http://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/09/25/ruang-lingkup-manajemen-produksi-pt-indofood- sukses-makmur-tbk/comment-page-1/#comment-26
http://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/09/25/ruang-lingkup-manajemen-produksi-pt-indofood- sukses-makmur-tbk/comment-page-1/#comment-26
Tidak ada komentar:
Posting Komentar