Minggu, 15 November 2015

Wireless dan Terminal



Nama  : Fajar Sodhiq Fadhillah
Kelas   : 4KA36
NPM   : 12112729


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Wireless dan Terminal. Untuk wireless sendiri saya akan membahas mengenai apa itu wireless, Standar Wireless LAN, Cara kerja wireless. Lalu untuk Terminal saya membahas mengenai apa itu Termnial, dan Jenis - jenis Terminal itu sendiri.

Jaringan Wireless
Jaringan Wireless atau Wireless Network adalah Jaringan Komputer yang tidak menggunakan Kabel atau bisa disebut juga Nirkabel(Wireless LAN). Jaringan Wireless ini bisa digunakan untuk perpindahan data dari computer yang satu dengan computer yang lain. Wireless LAN.
Karena wireless LAN mengirim menggunakan frekuensi radio, wireless LAN diatur oleh jenis hukum yang sama dan digunakan untuk mengatur hal-hal seperti AM/FM radio. Federal Communications Commission ( FCC) mengatur penggunaan alat dari wireless LAN. Dalam pemasaran wireless LAN sekarang, menerima beberapa standard operasional dan syarat dalam Amerika Serikat yang  diciptakan dan dirawat oleh Institute of Electrical Electronic Engineers (IEEE). Beberapa Standar wireless LAN :

-          IEEE 802.11 – standar asli wireless LAN menetapkan tingkat perpindahan data yang paling lambat dalam teknologi transmisi light-based dan RF.
-          IEEE 802.11b – menggambarkan tentang beberapa transfer data yang lebih cepat dan lebih bersifat terbatas dalam lingkup teknologi transmisi.
-          IEEE 802.11a – gambaran tentang pengiriman data lebih cepat dibandingkan (tetapi kurang sesuai dengan) IEEE 802.11b, dan menggunakan 5 GHZ frekuensi band UNII.
-          IEEE 802.11g – syarat yang paling terbaru berdasar pada 802.11 standard yang menguraikan transfer data sama dengan cepatnya seperti IEEE 802.11a, dan sesuai dengan 802.11b yang memungkinkan untuk lebih murah.

Jaringan Wireless tidak hanya meliputi Local Area Network saja, namun juga meliputi Metropolitan atau bisa disebut juga Metropolitan Area Network(MAN)  yang  jangkauan nya 10-50 KM. Pada MAN, pengaplikasian wireless mengilingi keseluruhan kota besar yang menggunakan high-power link point-to-point untuk membuat suatu jaringan, dalam mengenal sebagai Wireless Metropolitan Area Networks, atau WMANs. Menghubungkan banyak link point-to-point Wireless ke suatu jaringan ke seberang area yang geografisnya sangat besar dengan mempertimbangkan WMAN, tetapi masih menggunakan teknologi yang sama sebagai WMAN. Perbedaan WLAN dan WMAN, WMANs menggunakan frekwensi yang diizinkan sebagai ganti frekwensi yan tidak diizinkan dengan menggunakan WLAN. Alasan untuk perbedaan ini bahwa organisasi menerapkan jaringan yang akan mengontrol jarak frekwensi di mana WMAN sedang diterapkan dan tidak perlu khawatir jika orang lain menerapkan jaringan yang bertentangan. Faktor yang sama berlaku pada WWANs.

Cara kerja Wireless:
Seperti kita ketahui wireless adalah Jaringan computer yang tidak memakai kabel(nirkabel). Yang dibutuhkan nya ada 3 komponen utama:
-          Sinyal Radio
-          Format Data
-          Network
Ketiga komponen ini berdiri sendiri dalam lapisan OSI. OSI(Open System Interconnection) memiliki 7 layer, dan ketiga komponen tersebut berdiri pada layer yang berbeda-beda.

Untuk membangun sebuah Wireless LAN pada kantor, perumahan, pusat perbelanjaan, ataupun rumah membutuhkan alat-alat seperti jaringan Telpon, Splitter, Wireless Modem Router. Wireless Modem Router ini sebagai penyebar wireless dan sebagai modem yang akan menghubungkan kita ke internet. Lalu Laptop atau Komputer yang mempunyai Adaptor wireless bisa menangkap sinyal wireless yang diberikan oleh router tersebut.

Terminal
Terminal merupakan peralatan yang mengakses layanan melalui jaringan yang sifatnya remote atau terpisah melalui sebuah saluran telekomunikasi.Linux memiliki enam terminal atau konsol ketika berjalan dalam modus teks. Artinya, kita dapat menjalankan aplikasi atau kegiatan berbeda-beda untuk tiap terminal dan dalam waktu bersamaan.

Terminal juga dikenali dengan beberapa istilah, seperti: CRT(Cathode Ray Tube), VDT (Video Display Terminal atau display station). Terminal dibagi atas 3 jenis, yaitu : 
·         Terminal dungu (dumb), yaitu terminal yang berfungsi hanya berupaya menghantar setiap karakter yang dikirimkan ke host dan menampilkan apa saja yang dikirim oleh host.
·         Terminal ‘smart’ , yaitu terminal yang berfungsi menghantarkan informasi tambahan selain apa yang dikirim oleh pemakai seperti kode tertentu untuk menghindari kesalahan data yang terjadi.
·         Terminal pintar (intelligent), yaitu terminal yang dapat diprogramkan untuk membuat fungsi-fungsi tambahan seperti kontrol terhadap penyimpanan ke storage dan menampilkan lay-out data dari host dengan lebih bagus.
Cara Kerja Terminal
Pada saat terminal/client/terminal/client melakukan proses booting, garis besar proses yang dijalankan adalah :
1.      Mencari alamat ip dari dhcp server.
2.      Mengambil kernel dari tftp server.
3.      Menjalankan sistem file root dari nfs server.
4.      Mengambil program X-server ke dalam memory dan mulai menjalankannya.
5.      Melakukan hubungan dengan xdm server dan user login ke dalam xdm server.

Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar