Minggu, 07 Juni 2015

Mengenai Laporan Usaha Kecil Menengah


TK MUSTIKA ZAM-ZAM

PENDAHULUAN
UKM atau bisa disebut Usaha Kecil Menengah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan lebih dari 60% masyarakat di Indonesia. Usaha kecil ini bersifat independent dan beberapa ada yang disubsidi oleh pemerintah. Pemerintah mensubsidi UKM dengan persyaratan-peryaratan yang sudah dibuat oleh pemerintah itu sendiri. Usaha kecil menengah ini telah banyak membantu perekonomian Indonesia dalam penyedian lapangan kerja. Hal ini dikarenakan usaha kecil menengah tidak membutuhkan biaya yang besar dalam proses produksinya dan usaha ini tidak terpengaruh resesi ekonomi global karena kebanyakan usaha kecil menengah ini hanya mengincar pasar domestic saja walaupun beberapa persen nya mengincar pasar international. Usaha kecil menengah digeluti oleh lebih dari 60% masyarakat Indonesia dan ini menjadikan UKM sangat berpengaruh dan tidak boleh di anggap remeh posisinya dalam perekonomian Indonesia. Untuk mengetahui dampak langsung dari usaha kecil menengah di Indonesia, observasi dilakukan di TK Mustika Zam-Zam dikarenakan TK Mustika Zam-Zam adalah usaha kecil menengah yang didirikan oleh seorang Ibu rumah tangga.

ISI
Nama Perusahaan        : TK Mustika Zam-Zam
Alamat                        : Jl. Mushola Al-Barkah Kp. Ciketing Rawamulya RT 001 / RW 001,
                                      Kecamatan Mustika Jaya – Kota Bekasi
Nama Pemilik              : Sri Wahyuningsih
Jumlah Guru                : 5 orang

TK Mustika Zam-Zam berdiri sejak tahun 2008/2009, pemilik nya bernama Sri Wahyuningsih yang merangkap menjadi seorang guru. Menjadi seorang pemilik dan pemimpin sekolah harus mempunyai pendidikan minimal Sarjana Strata 1 di bidang pendidikan. Awal nya TK Mustika Zam-Zam hanya PAUD yang diawali dengan jumlah murid 18 orang. Dikarenakan murid yang semakin banyak dan saran dari teman – teman sesama guru, dan Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD) berkembang menjadi TK Mustika Zam-Zam setelah meminta izin dari warga sekitar, Pemerintahan daerah dan Dinas Pendidikan.

PENUTUP
Usaha Kecil Menengah (UKM) mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, oleh karena itu selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam perndistribusian hasil-hasil pembangunan. UKM sangat membantu para masyarakat menghadapi krisis yang kadang terjadi di Indonesia. Contoh nya saat beberapa tahun yang lalu Indonesia mengalami krisis yang menyebabkan banyak pengusaha besar yang mengalami kerugian dan bahkan berhenti aktifitas nya, sektor UKM terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Mengingat pengalaman yang telah dihadapi oleh Indonesia selama krisis, kiranya tidak berlebihan apabila pengembangan sektor swasta maupun pendidikan difokuskan pada UKM, terlebih lagi usaha ini seringkali terabaikan hanya karena hasil yang didapat hanya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya.
Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang sangat besar baik pemerintah maupun masyarakt agar dapat berkembang lebih kompetetif bersama pelaku ekonomi lainnya. Kebijakan pemerintah ke depan perlu  diupayakan lebih kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya UKM.
Pemerintah perlu meningkatkan perannya dalam memberdayakan UKM disamping mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil, dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya.
Demikianlah hasil penelitian yang telah saya buat dalam rangka mempelajari mengenai Usaha Kecil menengah. Semoga dapat memberikan pengetahuan yang luas kepada semua orang yang membacanya dan yang ingin memahami nya.

KESIMPULAN
Berdasarkan penelitian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam UKM tidak hanya dibidang kesehatan, wisata, maupun kuliner. Didalam UKM tersebut ternyata ada bidang Pendidikan sebagai lapangan pekerjaan bagi para guru. Usaha Kecil Menengah (UKM) membantu para masyarakat untuk mendapatkan lapangan pekerjaan didalam bidang penjualan barang maupun Jasa. Jika jasa yang diberikan oleh guru kepada murid nya terlihat sangat baik, maka para masyarakat akan datang sendiri nya untuk mendaftarkan anak-anak nya yang ingin bersekolah di TK Mustika Zam-Zam.


Nama : Fajar Sodhiq Fadhillah
Kelas : 3K36
NPM : 12112729
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar